Industri Media Cetak


Fungsi Media Massa
        Menurut Harold Laswell, ada 3 fungsi media :
        Menggambarkan yg terjadi di lingkungan
        Menghubungkan bagian-bagian dari masyarakat
        Transmisi warisan sosial dari satu generasi ke generasi
        Secara sederhana, media memiliki fungsi :
        Memberi informasi
        Mempengaruhi
        Menghibur
        Menjadi sasaran pasar untuk barang dan jasa
Bentuk Media Cetak
       Kesamaan semua media cetak : berupa kata-kata yg tertulis / tercetak, membutuhkan kertas dan tinta
       Buku : memberikan kualitas yg permanen, oleh sebab itu buku lebih tepat untuk mentransmisikan warisan sosial dari satu generasi ke generasi
       Majalah dan surat kabar: lebih murah dan lebih sederhana dibanding buku. SK bisa dibuang ketika telah selesai dibaca
Audience
        Media cetak memiliki audience yg sangat segmented / terbatas. Penerimaan atau penolakan atas suatu pesan akan ‘membentuk’ media itu sendiri
        Perubahan ‘selera’ audience ini dipengaruhi pula oleh perubahan tren, gaya hidup, perhatian, literasi, dll
Teori McLuhan
        The medium is the message.
        Bagaimana cara media berinteraksi dengan audiencenya adalah lebih penting dari pada pesan yg disampaikannya.
        Perubahan teknologi pada media akan membawa efek pada media lain yang telah ada sebelumnya.
        Misal munculnya TV akan ‘menggeser’ keberadaan SK/media cetak lainnya karena TV lebih menarik drpd media cetak
Surat Kabar
        Dualisme identitas surat kabar :
        Satu sisi sebagai sumber informasi bagi masyarakat, mengkritisi pemerintah, alat demokrasi
        Di sisi lain SK merupakan lembaga bisnis yg mengutamakan profit, dimana pelanggannya adalah kalangan bisnis
        Dualisme ini menyebabkan conflict of interest : antara interest bisnis dan nilai profesionalisme jurnalistik
Komunikator dlm SK
        Ada dua bagian penting dalam SK : pimpinan perusahaan (bagian yg menjalankan bisnis) dan redaktur (bagian yg menangani kegiatan jurnalistik)
        Pimpinan perusahaan menangani masalah iklan (pemasukan), sirkulasi dan distribusi surat kabar dan hal2 terkait bisnis lainnya
        Redaktur menangani fungsi jurnalistik dan isi dari media tsb. Redaktur membawahi reporter sebagai pencari berita di lapangan
Pesan dalam SK
        Secara umum terbagi dua : media lokal atau nasional.
        Media lokal banyak mengangkat masalah-masalah yg sedang menjadi perhatian audience lokal. Isu yg diangkat bisa isu nasional, selama ia menjadi perhatian masyarakat setempat
        Media nasional mengangkat isu-isu nasional dan dari seluruh penjuru tanah air.
        Biasanya SK terbit harian
Kritik thd SK
        Obyektivitas pemberitaan. Berita seharusnya tidak mengandung opini wartawan, memenuhi prinsip2 jurnalistik, namun tidak sepenuhnya terpenuhi
        Siapa yang menentukan suatu berita bisa dimuat? Tidak semua berita dapat dimuat, namun ketika ada suatu berita dimuat apa pertimbangannya? Kadang karena orang yg memiliki berita tsb memiliki akses atau hubungan tertentu dengan pengelola media
        Tidak adanya forum kritik.
        Liputan pemberitaan tidak berimbang
MAJALAH
        Terbit tidak setiap hari (biasanya mingguan, dua-mingguan, bulanan, dll)
        Memiliki format yg berbeda dengan SK. Misal kertas lebih bagus, dijilid rapi, berwarna, dll
        Audience majalah lebih segmented, dibagi berdasarkan demografi (gender, usia, latar belakang pendidikan dan sosial ekonomi)
        Majalah juga tergantung pada perolehan iklan
Majalah
        Audience sangat segmented maka pesan dibuat yang sesuai dengan audience majalah tsb
        Beberapa contoh majalah berdasarkan demografi audience: femina (untuk wanita karir usia 20 - 30 th), kartini (untuk wanita mapan usia 35 ke atas), HAI (majalah remaja pria), dll
Beberapa contoh majalah berdasarkan isu : Tempo (majalah berita mingguan), Cosmopolitan (majalah fashion wanita), Panasea (majalah kesehatan), dll
Buku
          Memiliki fungsi media untuk memberi informasi, mempengaruhi dan menghibur
          Penulis buku bisa menuliskan apa saja yg dianggapnya menarik
          Jumlah buku yg dicetak biasanya terbatas
          Penerbit buku memiliki 3 peran penting :
        Menseleksi naskah buku yg akan diterbitkan
        Memproduksi buku beserta ilustrasinya
        Mengambil resiko ketika menginvestasikan uangnya untuk membiayai cetak buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar