Kunci Keberhasilan Program Radio


PROGRAM RADIO
Tidak ada produk (program/format) yang dibuat oleh produsen (radio), yang mampu cocok dan disukai semua orang (pendengar). Sebuah produk pasti hanya dibutuhkan, cocok dan disukai oleh suatu kelompok tertentu saja, pada suatu masa/periode tertentu pula.

TANTANGAN PEKERJA RADIO
Pekerja radio dihadapkan pada tantangan untuk mampu membentuk kelompok pendengar yang loyal, dengan cara bekerja keras merancang & menyiarkan program-program radio yang selain berkualitas, juga memenuhi Needs (kebutuhan), Wants (keinginan) dan Behavioral (perilaku) pendengarnya.

Kunci Keberhasi Program Radio
  • Berbeda / aneh
  • Berorientasi pada pendengar
  • Konsisten
  • Menjangkau massal dengan penyampaian personal
  • Konten yang relevan
  • Deskripsi yang logis
KREATIFITAS DAN VARIASI
  •  Gaya penyampaian
  • Pengaturan item (hotclock)
  • Kategori topik dan isi
  • Tipe berita
  • Produksi dll
KEMASAN / format PROGRAM RADIO
  • News bulletin
  • Talk show atau diskusi
  • Interview
  • Editorial atau commentary
  • Magazine
  • Documentary (reality)
  • Insertion (vox pop, feature, news flash, etc.)
  • Report (live atau recorded)
(BISA DIKEMAS TERPISAH ATAU GABUNGAN)

BISNIS RADIO BROADCASTING
Bisnis radio menciptakan suatu produk program/format untuk dijual kepada pasar pendengar. Dan membentuk pendengar sebagai produk yang akan dijual kepada pasar pengiklan.

1 komentar: