Surat Pramoedya Ananta Toer kepada Goenawan Mohamad



saya bukan nelson mandela
saya tidak memerlukan basa-basi
gampang amat gus dur minta maaf
dan mengajak rekonsiliasi
dia bicara atas nama siapa?
NU atau Presiden?
kalau NU, kenapa dia bicara sebagai presiden?
kalau presiden, kenapa DPR dan MPR dilewatkan?
biarkan DPR dan MPR yang bicara
tak usah presiden
yang saya inginkan adalah tegaknya hukum
dan keadilan di Indonesia
penderitaan kami adalah urusan negara
kenapa DPR dan MPR diam saja?
saya tidak mudah memaafkan orang
karena sudah terlalu pahit menjadi orang Indonesia
basa-basi baik saja
tapi hanya basa-basi
selanjutnya mau apa?
maukah negara menggantikan kerugian
orang-orang seperti saya?
minta maaf saja tidak cukup
dirikan dan tegakkan hukum
semuanya mesti lewat hukum
harus jadi keputusan DPR dan MPR
tidak bisa begitu saja basa-basi minta maaf
ketika saya dibebaskan dari Pulau Buru
saya menerima surat keterangan
bahwa saya tidak terlibat G30S/PKI
namun setelah itu tidak ada tindakan apa-apa
saya sudah kehilangan kepercayaan
saya tidak percaya gus dur
saya tidak percaya goenawan mohamad
kalian ikut mendirikan rezim orde baru
saya tidak percaya dengan semua elite politik Indonesia
tak terkecuali intelektualnya
mereka selama ini memilih diam
dan menerima fasisme
mereka ikut bertanggung jawab atas penderitaan
yang saya alami
bertanggung jawab atas pembunuhan-pembunuhan orba
dalam hitungan hari, minggu, atau bulan
mungkin saya akan mati
karena penyempitan pembuluh darah jantung
basa-basi tak lagi menghibur saya


*) Catatan: Surat Pramoedya ini ditulis sebagai jawaban atas tulisan Goenawan Mohamad, “Surat Terbuka untuk Pramoedya Ananta Toer” yang dimuat di Majalah Tempo 3-9 April 2000, dan dimuat ulang dalam buku Setelah Revolusi Tak Ada Lagi (2004). Harian Kompas, 15 Maret 2000 menulis, “Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menyatakan, sejak dulu, ketika masih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), dirinya sudah meminta maaf terhadap para korban Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI).”


Bagi Kawan-kawan blogger yang berdomisili di JOMBANG jawa timur, aku mau kesana hari senin - jumat . . . klo bisa sekalian kopdar and bantu penelitian aku disana. . . . OK OK. . 

44 komentar:

  1. Akhirnya ngeblog lagi ente Bah.. Ente lagi penelitian apa Bah?

    BalasHapus
  2. Mau tanya, kalo Pramoedya Ananta itu siapa ya?

    BalasHapus
  3. Weleh..berat nih topiknya mas :D
    Biasanya disini seringnya postingan bikin ngakak :D
    Btw, sayang ya saya gak tinggal di Jombang, jadinya gak bisa kopdaran :D

    BalasHapus
  4. waduh, udah baca semuanya dari awal sampai akhir. tapi namanya otak saya sebesar kepalan tangan yaa.... apalagi kalau berurusan sama hal-hal yg barbau poliik, sejarah dan yang berat-berat, gak nahan banget dech. hehehehe

    eh, ke jombang yaa??? gak ke surabaya?? hehehehe

    BalasHapus
  5. asyiikkk, idola2q muncul disini.
    pramoedya ananta toer vs goenawan mohamad mmg manteb. tulisannya sllu berkarakter.

    BalasHapus
  6. terimakasih mas atas informasinya ;)

    BalasHapus
  7. Heeeiii.... Skripsinya apa kabar??

    BalasHapus
  8. aku suka buku-buku pram ... tegas bersuara ...

    BalasHapus
  9. Great post!

    Selamat meneliti di Jombang ya! ^_^
    Jangan lupa diceritakan kopdarnya disini!

    BalasHapus
  10. Haaahhh...
    Ke Jombang...??
    Kapan niih..??
    Sudah minggu lalu apa baru minggu ini...??
    Kebetulan lagi pulang kampung ke Jombang niih...

    BalasHapus
  11. aya tidak mudah memaafkan orang
    karena sudah terlalu pahit menjadi orang Indonesia..
    <<.... sindirannya dalem..

    BalasHapus
  12. sudah lama enggak main kesini, theme nya baru, lebih menarik :) belum pernah baca bukunya pramoedya, padahal banyak dikantor

    BalasHapus
  13. mampir disni sambil baca surat sob, sejarah yang bermanfaat

    BalasHapus
  14. wow ada rencana kopdar nih yee

    BalasHapus
    Balasan
    1. tabah, dapat award dariku nih :) dan yuk lihat pengumuman pemenang giveaway the fairy and me
      http://www.nurmayantizain.com/2012/04/pemenang-giveaway.html
      thank you ^^

      Hapus
  15. sudah lama ngk kesini..mau baca2 dulu :)

    BalasHapus
  16. ..wawawww..
    ..aku gak kenal siapa Pramoedya Ananta Toer dan Goenawan Mohamad ..
    hihi ^^

    BalasHapus
  17. mantap banget suratnya , salam kenal dan di tunggu ya kunjungan balikknya :D

    BalasHapus
  18. hohoho...bisa aja yah suratnya...

    BalasHapus
  19. nice posting,,,

    ditunggu kunjungan baliknya ya,,,

    BalasHapus
  20. Jadi pengen baca buku-buku Pramoedya...*dari dulu niat doank hehehehe...

    Informatif bro !!

    BalasHapus
  21. baru-baru ini saya baca "Mangir" karya beliau. masuk, cuma agak berat buat saya.

    BalasHapus
  22. aduh agak ga ngerti baca surat ini sekali, musti berkali-kali bacanya.
    gue suka tulisannya pak pramoedya, bagus.

    BalasHapus
  23. lama tak ke sini sob, kasihan Pramudaya sebegitu parahnya penderitaannya jika memang beliau korban fitnah, sampai kata maaf sudah tidak ada lagi

    BalasHapus
  24. wow keren nih postingan suratnya ..bikin pala pusing hehe..nice bro..eh bro ini ada PR (HomeWork) dariku dikerjain ea, lumayan buat nambah ide postingan..makasih byk => PR BUAT SUSU SEGAR

    BalasHapus
  25. Terkadang, lebih baik mengalah, bukan karena kamu salah, tapi karena dengan mengalah, kamu tak kehilangan dia yg kamu cinta.

    BalasHapus
  26. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  27. luar biasa apa yang disampaikan oleh beliau

    BalasHapus
  28. Enggak tahu deh mau komentar apa

    BalasHapus
  29. thanks sudah sharing suratnya yah..

    BalasHapus
  30. mantap2 gan suran nya ,,,,

    BalasHapus
  31. suara yang tegas menantang..mantabb

    BalasHapus
  32. Makasih banyak atas semua info nya ,,,,,,,

    BalasHapus
  33. mantap info nya sangat bagus,,,,,,,,,
    dan salam kenal aja ,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  34. salam kenal dan ijin berbagi kata bijak "Laughing is healthy, especially if you laugh about yourself."Tertawa itu sehat, lebih-lebih jika mentertawakan diri sendiri." :)

    BalasHapus
  35. Секс в Киеве с проститутками считают, что практика такая очень даже хорошая. Если пара действительно уверена друг в друге Встречусь только с интеллигентным, состоятельным мужчиной!это не салон!

    BalasHapus